Selasa, 14 Januari 2014

Review Samsung ATIV One 5 Style: AIO dengan Desain khas Galaxy

SONY DSC



All in one atau lebih dikenal dengan AIO akhir-akhir ini makin banyak diminati karena bentuk yang ringkas. Layar dan komponen PC yang menyatu di belakang layar membuatnya hanya membutuhkan tempat yang relatif kecil dan saat ini AIO-pun sudah dilengkapi berbagai fitur menarik. Dalam beberapa waktu terakhir ini, tren layar sentuh berukuran besar juga telah masuk ke AIO sehingga pengoperasiannya lebih mudah. AIO juga mengkonsumsi daya listrik yang relatif kecil sehingga lebih hemat daya untuk penggunaan di kalangan perkantoran dan rumahan. Kali ini kami menerima kehadiran AIO yang mempunyai bentuk yang sangat menawan dari Samsung, ATIV One 5 Style untuk kami uji kemampuannya! Seperti apa kemampuan dari perangkat tersebut?
SONY DSC

Samsung ATIV One 5 Style merupakan sebuah AIO yang mempunyai bentuk yang sangat menawan. AIO ini di lebur dengan warna putih glossy di sekujur casingnya dengan bezel chrome yang membuat perangkat ini terlihat mewah. Hal ini mengingatkan kami akan desain seri smartphone Galaxy S4. Layar berukuran 21.5″ dengan resolusi 1920×1080 dapat memberikan warna yang cemerlang dan dilengkapi dengan panel multi touch yang menurut kami cukup responsif. Penggunaan layar berukuran 21.5″ tersebut membuat perangkat ini mempunyai dimensi tidak terlalu besar.
SONY DSC
Spesifikasi
ProcessorAMD A6 5200
Speed 2GHz
MemoriDDR3 4GB
StorageHard disk 500GB
GraphicsAMD Radeon HD8400
Layar21.5″ 1920×1080 IPS Touchscreen
Interkoneksiwifi 802.11bgn / Bluetooth V4.0
USB2.02
USB 3.02
Audio in/out1
Card Reader1
HDMI IN1
HDMI Out1
Ethernet1
D-sub1
Operation SystemWindows 8
Dimensi (mm)524,2 x 151 x 382,8
Berat (Kg)5.56
Di dalam Samsung ATIV One 5 Style telah tertanam prosesor AMD A6-5200 yang mempunyai empat core dan berjalan pada kecepatan 2 GHz. Untuk menunjang kinerja prosesor tersebut telah terpasang juga memory DDR3 sebesar 4GB. Untuk  penyimpanan data, samsung menggunakan hard disk dengan kapasitas 500GB yang siap menampung berbagai data Anda. Urusan graphics, prosesor AMA A6 ini dalah seri APU sehingga telah memiliki graphics on prosesor AMD Radeon HD8400 yang cukup dapat diandalkan menjalankan game 3D pada resolusi dan settingan tertentu.

Kelengkapan

Dalam paket penjualan Samsung ATIV One 5 Style, Anda akan mendapatkan keyboard dan mouse wireless dengan desain dan warna yang senada dengan AIO Anda. Bila keduanya Anda tempatkan menjadi satu diatas meja bersama dengan AIO ATIV One 5 Style akan sangat terlihat menawan sekali. Keyboard yang diberikan mempunyai dimensi full keyboard dengan tuts chiclet dengan finishing putih glossy. Sedangkan mouse optical yang disertakan memiliki finishing senada dengan keyboard. Kedua perangkat ini cukup nyaman digunakan dan kedua perangkat ini menggunakan baterai sebagai sumber dayanya. Untuk menghemat baterai, mouse dilengkapi dengan tombol on/off sehingga Anda dapat mematikan daya ketika sedang tidak digunakan.
SONY DSC
Untuk port konektivitas, Samsung menempatkannya pada bagian belakang layar dari ATIV One 5 Style. Pada bagian belakang layar, Anda akan menemukan berbagai port seperti, 2 port USB2.0, 2 port USB3.0, HDMI in dan out sehingga Anda bisa menggunakan perangkat ini sebagai monitor untuk console Anda atau berbagai alat lain yang memerlukan monitor. Tidak ketinggalan terdapat juga port Gigabit Ethernet.
Untuk tipe yang kami terima, AIO ATIV ini tidak dilengkapi dengan TV Tuner. Selain itu, cukup disayangkan, USB2.0 Anda akan terbuang 1 port karena dipergunakan untuk receiver keyboard dan mouse karena Samsung tidak mengintegrasikannya ke dalam AIO. Anda mungkin juga akan sedikit susah mengakses port USB karena hanya terdapat di belakang, ada baiknya Samsung juga menempatkan pada bagian samping sehingga lebih mudah digunakan.
Pada bagian samping, Anda hanya akan menemukan slot SD, SDHC, SDXC yang tersimpan dengan apik pada sebuah kompartemen yang dapat dibuka-tutup dengan mudah.
SONY DSC
Pada bagian depan dari Samsung ATIV One 5 Style, Anda tidak akan menemukan tombol apapun. Hal ini sepertinya dilakukan supaya bagian depan terlihat bersih. Tombol power diletakkan pada bagian kanan belakang dan dapat diakses dengan mudah tanpa perlu Anda lihat. Pada bagian layar, Anda akan menemukan touch panel untuk menaikkan dan menurunkan volume serta untuk masuk dalam menu untuk melakukan berbagai setting layar.
Ukuran layar yang digunakan juga sangat nyaman digunakan karena menggunakan ukuran sebesar 21.5″ dengan resolusi 1920×1080. Samsung ATIV One 5 Style menggunakan layar glossy yang sedikit memantulkan bayangan di sekitarnya. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan karena menggunakan panel IPS.
SONY DSC

Kinerja

PCMark7

pcmark7

Cinebench 11.5

cinebench
Kinerja yang ditawarkan oleh Samsung ATIV One 5 Style cukup dapat diandalkan untuk menjalankan aplikasi harian menengah dengan cukup baik. Anda masih dapat meningkatkan kinerja perangkat ini dengan melakukan praktek upgrade storage dari HDD ke SSD. Tetapi, Anda harus membawanya ke service center resmi sehingga garansi yang diberikan tetap berlaku.

Konsumsi Daya

konsumsi daya
Walaupun menggunakan layar berukuran 21.5″, dengan spesifikasi yang tertanam di dalamnya, Samsung ATIV One 5 Style cukup irit daya tanpa perlu takut tagihan listrik Anda meningkat bila di gunakan terus menerus.

Kinerja AMD A6 5200 dengan APU Radeon HD8400

3DMark 2006

3dmark6

3DMark – Cloud Gate

3dmark cg
Kinerja graphics AMD Radeon HD8400 cukup baik. Dengan hasil yang didapat tersebut, Anda akan dapat memainkan berbagai game 3D dengan baik pada settingan tinggi dan resolusi tertentu. Nilai yang didapat membuat kami ingin mengetahui lebih jauh kinerja dari graphics Radeon ini.
grid2

bioshock

starcraft
Pada settingan resolusi 1366×768/1360×768 tersebut kami masih dapat memainkan berbagai game 3D dengan cukup baik walaupun ada game yang harus berjalan pada settingan low.

Kesimpulan

Anda berencana membeli sebuah perangkat yang hemat daya dan hemat tempat tetapi tetap mempunyai bentuk yang apik, maka Samsung ATIV One 5 Style bisa masuk dalam daftar belanjaan Anda. Spesifikasi dan kelengkapan yang diberikan cukup lengkap dan baik, kinerja yang ditawarkan juga cukup mumpuni untuk pemakain harian dan masih dapat menjalankan game 3D dengan baik pada resolusi dan seetingan tertentu.
Layar berukuran 21.5″ dengan resolusi full HD dan panel IPS cukup baik memberikan tampilan yang baik dan warna yang cemerlang. HDMI nput imerupakan kelengkapan yang lebih, sehingga Anda dapat menyambungkan game console, TV tuner, blu-ray player dan lain sebagainya tanpa Anda perlu memerlukan LCD TV tambahan di ruangan Anda dengan hanya menyambungkan melalui kabel HDMI. Daya listrik yang diperlukan untuk menghidupkan perangkat ini juga cukup irit, sehingga Anda tidak perlu takut dengan tagihan listrik bulanan Anda bila Anda menggunakan perangkat ini dalam waktu lama.

Kelebihan

  • Desain AIO menarik.
  • Kelengkapan lengkap dengan adanya USB3.0 dan HDMI in.
  • Layar Full HD dengan touchscreen.
  • Konsumsi daya rendah.

Kekurangan

  • Port konektivitas susah diakses karena diletakkan di belakang


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates