Selasa, 14 Januari 2014

Review Modern Combat 4: Zero Hour

Review Modern Combat 4: Zero Hour

Biasanya saya kasih kesimpulan di akhir review, tapi kali ini saya harus bilang dahulu bahwa Modern Combat 4: Zero Hour adalah game yang sangat epic dengan kualitas graphic yang luar biasa serta gameplay yang solid. Kali ini Gameloft benar-benar mencuri perhatian gamer mobile disaat yang tepat dan Modern Combat 4 adalah cara yang sangat elegan untuk menutup tahun 2012.
Jika kamu mencari referensi untuk membantu kamu memutuskan beli atau tidak maka jawabannya sudah jelas, harus punya dan wajib beli. So kali ini saya hanya akan memberi highlight beberapa fitur dan bagian dari game ini yang benar-benar luar biasa.
Modern Combat 4 | Screenshot 1
Seperti biasa jalan cerita Modern Combat 4: Zero Hour berurusan dengan teroris tapi yang unik dalam seri terbarunya kali ini adalah kita akan bermain sebagai kedua kubu sehingga kita bisa mendapat cerita yang lebih deep. Hal ini memang tidak terlalu berdampak terhadap gameplay karena kedua pihak mempunyai senjata dan cara bermain yang sama namun hal ini adalah sebuah sentuhan yang cukup fresh untuk ukuran mobile game.
Di mode single player kamu akan bermain mengikuti cerita lewat ke-12 misi yang mempunyai kualitas super. Yang sangat terasa jika dibandingkan dengan Modern Combat 3 adalah segi actionnya yang lebih mirip dengan film action, mungkin ini dikarenakan beberapa cut scene dan conversation yang memang mempunyai kualitas perfilman. Satu misi dapat kamu selesaikan kurang lebih 20-40 menit tergantung tingkat kesulitan dan skill kamu, so sudah kebayang bahwa single playernya mempunyai jumlah konten yang cukup panjang untuk diselesaikan.
Modern Combat 4 | Screenshot 2
Modern Combat 4: Zero Hour memang mempunyai kualitas graphic yang sangat baik, tapi bukan itu yang membuat saya benar-benar terpukau melainkan environment yang jauh lebih luas dan juga interaktif. Setiap level didesign dengan sangat detail dan inilah yang sebenarnya membuat experience gamingnya semakin mendekati game console. Sebelumnya kamu bisa merasakan bahwa environmentnya agak sempit di Modern Combat 3 tapi kali ini kamu bahkan bisa dibuat bingung harus kemana karena environment yang luas, walaupun hal itu juga tidak akan terjadi karena sudah ada petunjuk yang cukup jelas kamu harus kemana.
Selain itu kamu juga sekarang bisa menggunakan berbagai object sebagai perlindungan dan hal ini terasa sangat alami. Sesudah berlindung kamu juga bisa melompatinya untuk langsung sliding ke tempat selanjutnya sehingga bukan hanya berdiri, maju dan tembak. Gameloft juga sudah mulai menambahkan object-object yang bisa hancur jika ditembak walaupun dari segi jumlah tidak terlalu banyak. Contohnya ketika saya berlindung di tiang, musuh bisa menembak dan menghancurkan keramik yang menempel di tiang tersebut persis adegan The Matrix pada saat di lobby elevator yang terkenal itu.
Modern Combat 4 | Screenshot 3
Untuk single playernya secara default kamu akan menggunakan auto aim sehingga jika kamu menggunakan sight maka otomatis senjata akan mengarah ke musuh. Tapi tetap kamu harus mengarahkannya kedekat musuh terlebih dahulu, ini membuat kita dapat lebih fokus ke cerita dan actionnya daripada frustasi mengarahkan cross hair kita ke musuh. Satu hal yang saya rasakan juga adalah gamenya sekarang lebih sulit tapi justru ini membuat lebih seimbang karena memang AI musuhnya tidak terlalu pintar sehingga jika tidak susah maka single playernya tidak akan seru sama sekali.
Jika kamu sudah menamatkan single playernya maka selamat karena permainan sebenarnya baru akan dimulai. Mode Multiplayer Modern Combat 4 adalah game multiplayer terbaik, terlengkap dibandingkan game lain yang sejenis. Kamu dapat memilih salah satu dari 8 mode game yang berbeda, mulai dari free for all, team battle sampai catch the flag.
Modern Combat 4 | Screenshot 4
Seiring kamu naik level (dengan cara membunuh lawan dan memenangkan permainan) maka kamu akan mendapat akses baru terhadap berbagai item mulai dari senjata sampai dengan military support dimana kamu dapat memanggil bantuan seperti helikopter. Yang unik disini adalah fitur Intervention dimana kamu dapat memilih bonus XP sesuai dengan gaya bermain kamu. Contohnya jika kamu suka bermain sebagai sniper maka kamu dapat memilih STEALH dimana setiap membunuh target tanpa kelihatan akan memberikan kamu 50xp lebih banyak.
Satu hal yang saya sadari adalah di multiplayer mode ada sedikit penurunan kualitas graphic tapi mungkin ini untuk menjaga gameplaynya tetap stabil dan saya sangat setuju dengan ini. So far ini adalah experience multiplayer terbaik, kamu bisa merasakan bahwa gamenya sangat fluid dan lancar. Begitu kamu berbalik dengan tajam maka gamenya juga akan mengikut dengan baik dan frameratenya terjaga sangat stabil sepanjang game.
Modern Combat 4 | Screenshot 5
Saya masih bisa menulis 1000-2000 words lagi untuk menjelaskan betapa epic-nya Modern Combat 4: Zero Hour tetapi akan membuat kamu tertahan lebih lama. Game ini adalah salah satu game terbaik yang pernah saya mainkan di mobile selama saya bekerja di GameSaku, four thumbs up! So Soldier, you know what to do now! Hit the link below and see you in the battle field.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates