Selasa, 14 Januari 2014

Kaveri, AMD APU 2014 Tercanggih Dengan Teknologi HSA

Tahun 2014 diawali oleh AMD dengan bersiap meluncurkan generasi APU terbaru mereka dengan codename Kaveriyang memboyong sejumlah teknologi termuktahir AMD. Kaveri menawarkan lebih dari sekedar perangkat keras dengan CPU dan GPU tetapi menghadirkan potensi keduanya berupa perangkat dengan tingkat intelejensi dan performa ciamik.
Berikut adalah sejumlah informasi terkait Kaveri yang wajib Anda ketahui:
kaveri1
Yang pertama, Kaveri merupakan APU pertama yang telah mendukung teknologi HSA (Heterogeneous System Architecture) sepenuhnya di mana teknologi ini memungkinkan komponen CPU dan GPU memproses informasi secara berkesinambungan sehingga menghasilkan kinerja yang jauh lebih cepat. AMD melakukan pengujian denganskor GFLOPS sebesar 856 yang diujikan pada seri AMD A10-7850K yang dilengkapi dengan AMD Radeon R7 Series. Alhasil, komputer yang menggunakan Kaveri ini memiliki performa yang jauh lebih baik yang pada akhirnya mampu bekerja maksimal saat menjalankan berbagai macam aplikasi dan game.
Kedua, Kaveri memiliki jumlah Core sebesar 12 Compute Core, yaitu teknologi yang dapat mengkombinasikan 4 Core CPU dan 8 Core GPU dalam satu rangkaian kerja layaknya 12 Core sehingga komputer berjalan lebih cepat dan lebih efisien. Teknologi ini merupakan hasil dari penerapan teknologi hUMA (heterogenous Uniform Memory Access) danhQ (heterogeneous Queuing) yang menjadi garis terdepan performa komponen AMD di masa depan.
kaveri2
Ketiga, guna menghadirkan pengalaman game yang lebih baik dalam hal kualitas grafis dansuara, Kaveri menggunakan arsitektur GCN (Graphics Core Next), teknologi Mantle, dan TrueAudio. Teknologi Mantle merupakan harapan baru bagi pengembang untuk dapat menciptakan gaming yang lebih cepat dan responsif. Sementara teknologiTrueAudio membawa dimensi suara kehidupan nyata ke dalam dunia game sehingga gamer dapat menikmati game layaknya dunia nyata.
Keempat, Kaveri sudah menggunakan soket FM2+ yaitu soket terbaru dari AMD yang telah mendukung PCIe 3.0 dengan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan menghadirkan chipset terbaru, yaitu A55,A78 dan A88X yang masing-masing menawarkan berbagai fitur dan kelebihan tersendiri.
Kelima, meskipun menawarkan performa yang lebih apik namun bukan berarti Kaveri boros listrik, karena Kaveri justru mengantongi teknologi optimasi tenaga baru yang meningkatkan efisiensi perangkat hingga 20%, misalnya pada seri A10-7850K memiliki TDP 95W dan secara kesulurahan Kaveri memiliki TDP rendah antara 45W hingga 95W. ArtinyaKaveri menawarkan teknologi perangkat yang jauh lebih cepat namun hemat energi.
kaveri3
Guna mengetahui kinerja Kaveri, AMD melakukan serangkaian pengujian menggunakan teknologi Compute Core yang mengkombinasikan CPU dan GPU yang saling bersinergi. Pengujian tesebut melibatkan tiga aplikasi benchmarkPCMark, 3Dmark dan Basemark CL. Dari ketiga rangkaian pengujian, Kaveri bisa menunjukkan peningkatan performa yang besar berkat 12 Compute Core yang berasal dari CPU dan GPU, angka paling signifikan terlihat dari pengujian menggunakan 3DMark di mana terdapat peningkatan hingga 187% dibandingkan generasi APU sebelumnya atau prosesor lainnya. Kesimpulannya, teknologi Compute Core yang dipadukan dengan Kaveri merupakan kombinasi paling menawan untuk memperoleh komputer berperforma apik. Keistimewaan Kaveri tak lepas dari teknologi HSA yang melahirkan era Compute Core, dan paket ini bisa jadi jawaban kebutuhan Anda akan komputer dengan intelejensi dan performa menawan.
Kaveri4
Performa terbaik Kaveri dapat pula dilihat dari pengujian menggunakan aplikasi kalkulasi LibreOffice Calc, dengan uji kasus yang telah dirancang sedemikan rupa menghasilkan performa dengan kecepatan 0.12 detik saat HSA diaktifkan, berbanding dengan 0.99 detik jika dimatikan. Apa artinya? Jelas, Kaveri bisa memberikan kecepatan proses yang lebih kencang pada aplikasi Office sekalipun.
Kaveri5
Kaveri akan dihadirkan pada prosesor seri A10-7850K dan A10-7700K yang telah dilengkapi dengan GPU AMD Radeon R7 yang akan dirilis pada tanggal 14 Januari 2014.
Kaveri6

Kehadiran Kaveri merupakan berita gembira untuk penggemar perangkat berbasis AMD, selain membawa fitur dan performa yang lebih baik, Kaveri diharapakan bisa jadi pelopor komputer masa depan. Bagaimana menurut Anda?

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates