Kamis, 23 Januari 2014

Game di AMD Bakal Makin Ngebut


KOMPAS.com - Bersama dengan kemunculan kartu Grafis baru seri "Hawaii" pada September 2013 lalu, AMD turut memperkenalkan Application Programing Interface khusus untuk kartu grafis Radeon bernama Mantle.

Mantle adalah antarmuka software serupa dengan Direct X yang umum dipakai oleh game PC masa kini. Bedanya, Mantle yang dirancang khusus untuk GPU Radeon milik AMD diklaim sanggup menghasilkan kinerja game lebih tnggi, tentu apabila digunakan dengan GPU Radeon yang mendukung teknologi tersebut.

Ketika berbicara dalam acara peluncuran prosesor AMD Kaveri di Jakarta, Jumat (17/1/2014) kemarin, Manajer Senior Pemasaran Produk AMD Adam Kozak menjelaskan bahwa peningkatan kinerja game yang dihasilkan melalui pemakaian API Mantle bervariasi.

"Kalau digunakan pada GPU Radeon yang terintegrasi pada chip Kaveri, peningkatannya berkisar antara 10-12 persen. Di GPU seri high-end seperti Radeon R9 290X, bisa mencapai lebih dari 40 persen," jelas Adam.

Adam melanjutkan bahwa kecepatan GPU Radeon yang dipakai pengguna turut mempengaruhi besarnya kinerja ekstra yang dihasilkan. Semakin cepat atau semakin tinggi serinya, maka semakin kencang pula Mantle mengakselerasi game.

Yang perlu dicatat, Mantle hanya kompatibel dengan GPU Radeon terkini yang menggunakan arsitektur Graphics Core Next (GCN), yaitu mulai seri Radeon 7000 ke atas, termasuk seri R7 dan R9 yang baru.

Mantle sendiri bukanlah standar terbuka seperti OpenCL atau OpenGL, dalam artian penggunaannya terbatas hanya untuk GPU buatan AMD saja. Dukungan game turut diperlukan agar Mantle bisa dipakai mengakselerasi grafis. Salah satu judul yang akan segera menawarkan dukungan ini adalah Battlefield 4 dari DICE.

Pengguna GPU AMD pun masih harus menunggu sebelum bisa menikmati main game dengan Mantle. Ini karena AMD belum merilis software driver yang diperlukan. Kozak menjanjikan pihaknya akan segera melakukan hal tersebut. "Nanti, driver dan patch Mantle untuk Battlefield 4 bakal dilepas sebelum bulan Januari berakhir," katanya.


Source : http://tekno.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates